Investigasi Rekening Facebook

Tugas kemanan informasi kali ini adalah :

Dikisahkan Anda diteror oleh seseorang di rekening Facebook Anda. Misalnya Anda menerima message dari orang yang tidak dikenal secara berulang-ulang, atau orang tersebut menuliskan pesan yang tidak bertanggung jawab. Bagaimana Anda mengetahui siapa orang ini?
Dalam kasus lain, Anda diminta untuk mencari tahu siapa yang membuat sebuah group tanpa ikut menjadi anggota dari group tersebut. Bagaimana caranya?
Singkatnya Anda diminta untuk melakukan investigasi terhadap rekening facebook. Uraikan ide-ide Anda.

Untuk kasus kedua, jika kita ingin mencari siapa pembuat Group, kita dapat langsung melihat di sebelah kiri dari halaman group tersebut. Biasanya terdapat siapa saja Admin dan Officernya. Jika misalnya group tersebut disetting privat, maka kita cari beberapa orang yang paling sering memposting di group tersebut. Kemudian googling informasi dari dua orang tersebut. Satunya untuk mencari rekeningnya, satunya lagi kita gunakan untuk membuat akun palsu. Kemudian kita meng-add orang pertama itu dan dari situ kita dapat memperoleh informasi mengenai group tersebut dengan bertanya kepada orang pertama.

Untuk kasus yang pertama, kita lihat informasi dari orang tersebut, misalnya nama, kemudian lakukan googling. Selain itu, kita juga perlu melihat beberapa nama dari teman-temannya. Melihat nama teman-temannya diperlukan untuk memastikan identitas orang tersebut sebab mungkin saja nama dari orang tersebut cukup pasaran sehingga banyak orang yang memiliki nama yang sama. Kemudian buat akun palsu dengan nama, photo, dan informasi dari salah satu dari temannya, kemudian kita buat akun palsu kemudian mengg-add orang tersebut dengan memberi pesan misalnya “Aku mau buat dua akun, soalnya bosen kalo cuma punya satu”. Pilih teman yang sudah jarang mengepost di wallnya, kalau bisa dari jenis kelamin yang berbeda dengan target kita supaya lebih aman.

Sekian ide dari saya, sampai berjumpa di tugas selanjutnya…:)

 

Leave a comment